oleh

Pejabat Pusat Kerap Sambangi Kaltim, Polres Balikpapan Siapkan Analisa Intelijen Tangkal Radikalisme

BALIKPAPAN (HK) – Seiring dengan ersiapan pemindahan Ibu kota negara yang baru, para pejabat dari pemerintah pusat kerap melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur. Polres Balikpapan menaruh perhatian serius terhap pengamanan tamu VIP dan VVIP, terlebih pasca insiden penyerangan Menkopolhukam oleh seorang pria yang diketahui merupakan jaringan dari kelompok teroris.

Kapolres Balikpapan, AKBP Wiwin Fitra menjelaskan, pihaknya telah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait penanganan tamu VIP atau VVIP mulai dari ring I, II dan III.

Bahkan untuk penambahan personel, Polres Balikpapan juga melibatkan analisa intelejen terkait pengamanan tersebut.

“Disitulah kita bisa prediksi berapa kekuatan yang harus kita siapkan,” ujarnya, Senin, (14/10/2019).

Saat ditanya apakah sudah ada indikasi kelompok radikal di kota Balikpapan, Wiwin menegaskan masih dalam pantauan Tim Densus 88.

Dikatakan Wiwin, pihaknya juga bekerjasama dengan pemerintah mulai tingkat bawah seperti RT, Kelurahan dan Camat terkait update penduduk. “Sudah kita minta Bhabinkamtibmas untuk bekerjasama dengan Babinsa, RT dan kelurahan untuk update penduduk,” jelasnya.

Termasuk, lanjut Wiwin, melakukan pendataan kepada seluruh penduduk yang ada di balik papan, dari rumah ke rumah sampai kos-kosan.

“Biar kita tau siapa dan berasal dari mana, tujuannya apa,” kata dia. (Red/DW)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed