oleh

Nasdem Sepakat Pilkada Langsung Dievaluasi, Tapi…

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) satu suara dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian soal evaluasi penyelenggaraan Pilkada langsung. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Fraksi Partai Nasdem di DPR Saan Mustopa.

Dikatakan Saan, evaluasi tersebut perlu dilakukan untuk mencari titik-titik lemah dan persoalan pada penyelenggaraan.

“Nah nanti bagian apa saja yang dievaluasi, itu yang akan kita lihat dari sisi ini titik-titik kelemahannya. Misalnya pilkada langsung terlalu mahal, nanti kita lihat biaya politik itu paling mahal dimana saja,” kata Saan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/11).

Kendati demikian, Saan menegaskan, Nasdem tak ingin bila faktor mahalnya biaya politik dijadikan alasan untuk mengubah Pilkada langsung menjadi Pilkada tidak langsung atau diwaakilkan DPRD.

Sebab, menurutnya peralihan sistem demokrasi yang diwakilkan DPRD merupakan sebuah kemunduran. “Nah kalau kita kembalikan, menurut saya itu mundur. Bahkan dalam bahasa kita sebagai politisi itu ada stagnan.

Jadi ketika kita melihat sisi kelemahan, kita kembali ke masa lalu, maka kita enggak akan maju,” ujarnya.

Saan juga mengatakan, pilkada yang diwakilkan kepada DPRD belum tentu membuat biaya politik menjadi murah. Menurut dia, biaya politik bisa menjadi lebih mahal karena pemilihan kepala daerah ditentukan oleh para elite di DPRD.

“Kemudian, munculnya oligarki. Persoalannya apakah lebih murah? money politics nya? Justru jangan-jangan lebih mahal karna sudah tahu siapa yang disasar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi II DPR ini mengatakan, sampai hari ini, ia belum menerima secara resmi permohonan revisi Undang-Undang tentang Pilkada baik dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) maupun dari kelompok masyarakat.

“Tapi komisi 2 tetap jadikan masukan itu sebagai bagian dari Prolegnas, tapi prioritas atau belum di baleg juga belum ada pembahasan,” pungkasnya.

Sumber: Kompas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed