oleh

Kakek Ini Tak Sadar, Sudah 10 Tahun Cacing Parasit Hidup di Matanya

INTERNASIONAL (HK) – Seorang kakek berusia 70 tahun di Mumbai, India baru menyadari jika selama sepuluh tahun belakangan ada seekor cacing parasit yang hidup dan bersarang di belakang bola mata kanannya.

Peristiwa itu disadari Jashu Patel, ketika tim dokter melakukan pemeriksaan mendalam dan melakukan operasi selama 25 menit untuk mengeluarkan cacing sepanjang 7 cm.

Awalnya, Patel merasakan sakit yang cukup parah dan gatal luar biasa di bagian mata kanannya selam dua bulan terakhir. Akhirnya ia memutuskan untuk mengunjungi dokter.

Dokter di Narayan Hospital and Research Centre di Bharuch, Gujarat merasa kebingungan karena obat tidak mempan mengatasi gejala Patel.

Para dokter yang menangani Patel yakin kontaminasi cacing parasit tersebut terjadi melalui gigitan anjing yang terjadi 12 tahun silam dan mengalir lewat darahnya hingga ke mata.

Dokter mata senior yang memimpin operasi Patel, dr Milan Panchal mengatakan bahwa para dokter mengeluarkan cacing parasit itu hidup-hidup dan hanya memberikannya anestesi topikal.

“Pasien dapat merasakan bagaimana sensasinya cacing itu dikeluarkan. Jika cacing itu tidak dikeluarkan secepatnya, ia bisa mengalami kebutaan,” ujarnya dikutip dari Daily Mail.

dr Panchal menambahkan, cacing parasit itu bisa menuju otak melalui aliran darah. Dan akan membutuhkan prosedur lebih rumit untuk mengeluarkannya.

Kondisi yang dialami Patel disebut filariasis okular yang biasanya ditularkan melalui gigitan nyamuk. Namun pada kasus Patel disebabkan oleh gigitan anjing. Menurut dr Panchal, gigitan anjing pun memungkinkan menyebabkan filariasis okular.

“Hal yang memungkinkan parasit masuk melalui aliran darah dan menetap di mata. Anjing dan kucing memiliki parasit di lidahnya,” pungkas dr Panchal.

 

Sumber: Detik Health

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed