oleh

Kemenpora Anggarkan Rp59,6 Miliar untuk Kirim Kontingen Indonesia ke SEA Games 2019

NASIONAL (HK) – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menganggarkan Rp5,6 miliar untuk kontingen Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2019 di Filipina.

Kemenpora juga berupaya mempercepat pencairan dana tersebut lewat penandatangan nota kesepahaman (MoU) bersama National Olympic Committee (NOC) Indonesia pada Rabu (20/11).

Secara prosedur, dana tersebut baru bisa cair dari Kantor Pusat Perbendaharaan Negara (KPPN) lima hari setelah laporan MoU diberikan. Namun Kemenpora berencana untuk mempercepat proses pencairan karena beberapa cabang olahraga bakal berangkat lebih dahulu.

“Kami sepakat agar dibuatkan surat dari Deputi IV ke Dirjen Perbendaharaan Keuangan Negara supaya tidak perlu lima hari anggaran itu cair tanpa melanggar aturan,” ujar Gatot di Kantor Kemenpora.

Sejumlah cabang olahraga akan bertolak ke Filipina lebih awal, salah satunya sepak bola yang rencananya akan terbang pada Kamis (21/11) dini hari WIB.

Meski pencairan dana ini mepet dengan keberangkatan cabang olahraga, Gatot menyebut langkah tersebut adalah yang terbaik.

“Kenapa baru sekarang? Ini bentuk kehati-hatian kami jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan,” kata Gatot.

Sementara itu, Sekjen NOC Indonesia Ferry Kono berterima kasih kepada Kemenpora atas penandatangan MoU tersebut.

Dia katakan, dari Rp 67 miliar dana yang diajukan, NOC mendapat Rp59,6 miliar. Selain dari Kemenpora, ada juga cabor yang turut membiayai ofisialnya, dan juga bantuan dari sponsor. Untuk apparel kontingen, NOC dapat dukungan Rp2,3 miliar dari Yonex.

“Dua sponsor ini diharapkan bisa menutupi selisih anggaran yang dari pemerintah. Dari Gojek 2,5 miliar sementara dari Walls Rp 5 miliar namun sampai Olimpiade. Jadi pembagiannya, untuk SEA Games kami alokasikan Rp 1,5 miliar,” ucap Ferry.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed