oleh

Kutai Kartanegara Masih Kekurangan Tenaga Pengajar

Kutai Kartanegara – Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara mengklaim jumlah tenaga pengajar yang tersebar di wilayah setempat masih jauh dari harapan, terutama untuk daerah pedalaman dan wilayah pesisir.

Kepala Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara Ikhsanuddin Noor mengatakan, jumlah tersebut bahkan akan menyusut sekitar 200 orang mulai tahun 2020 sampai 2021.

Kata dia, penyusutan itu karena sejumlah guru PNS telah memasuki masa pensiun. Sementara untuk pengadaan guru baru terkendala oleh kuota yang ditetapkan pusat.

“Kebijakan penerimaan CPNS itu berdasarkan dari pusat. Jadi daerah hanya mengajukan saja jumlah kuota dan diputuskan. Jadi misalnya kita ajukan 200 belum tentu 200 yang dipenuhi,” katanya.

Untuk menyiasati itu, kata Ikhsanuddin, pihaknya berharap kepada perusahaan yang ada di Kutai Kartanegara dalam membiayai atau membantu pengadaan guru honorer.

“Sementara rekrutmen guru kita terbatas. Solusinya kita bekerjasama dengan perusahaan yang ada CSR mungkin bisa membiayai guru-guru honor di ring mereka.
Atau punya APBD yang cukup bagus kita bisa mem-backup mereka (perusahaan),” tuturnya .

Untuk diketahui, jumlah guru di Kutai Kartanegara saat ini tercatat ada lebih dari 13 ribu orang.

Di mana, 6.945 orang merupakan guru PNS, dan sisa 6.95 orang lagi merupakan guru honorer.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed