oleh

Pemerintah Targetkan Draf RUU IKN Masuk Prolegnas 2020

Penajam Paser Utara – Pemerintah menargetkan draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN)  masuk dalam Program Legislasi Nasional  (Prolegnas) pada tahun depan.

Presiden Joko Widodo  (Jokowi) mengatakan, pihaknya telah menyiapkan RUU tersebut dan akan segera menyerahkannya  kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Januari 2020.

Hal ini disampaikan kepala negara saat meninjau kawasan calon ibu kota baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Selasa (17/12/2019).

“Sudah disiapkan, nanti dimasukkan Januari (2020),” ujar Jokowi kepada awak media.

Bersamaan dengan pembentukan RUU Ibu Kota Negara, pemerintah juga akan membentuk badan otorita selaku pelaksana tugas langsung pembangunan ibu kota baru. Targetnya, badan otorita sudah terbentuk pada akhir tahun ini.

“Tapi kalau terlambat, insyaallah awal Januari (2020) sudah selesai semua kok. Calon (kepala badan otorita) banyak, tapi belum diputuskan,” ungkapnya.

Sementara terkait nama provinsi tempat ibu kota baru berdiri masih dikaji olehnya. Pasalnya, ia belum memutuskan apakah ibu kota baru benar-benar memerlukan pembentukan provinsi baru yang dipimpin oleh gubernur atau bisa dipimpin oleh manajer kota saja.

“Semua nanti dibahas dengan DPR, beberapa alternatif memang bisa nanti provinsi, bisa juga dalam bentuk kota saja. Beberapa alternatif ini segera diputuskan antara pemerintah dan DPR,” terangnya.

Bila dibutuhkan pembentukan provinsi baru, kemungkinan akan diumumkan pada pertengahan tahun depan. Hal ini rencananya akan bersamaan dengan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan ibu kota baru.

“Saat pertengahan tahun, awal ground breaking, peletakan batu pertama, nama akan langsung kami sampaikan,” tuturnya.

Dalam pembangunan ibu kota negara yang baru, pemerintah mengalokasikan lahan sekitar 256 ribu hektare (ha). Dari luasan itu, sekitar 56 ribu ha akan menjadi wilayah utama ibu kota negara.

Sumber: CNN Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed